Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

Cek gejala motor boros dan mesin bermasalah dari warna busi

Sering kali banyak pengendara sepeda motor mulai merasakan konsumsi BBM yang lebih dari biasanya, dan lebih parahnya tidak di imbangi dengan tenaga motor yang semestinya meningkat justru terasa berat dan memble. Nah, perlu dicurigai ada yang tidak beres pada ruang bakar mesin anda.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat kepala busi.Warna kepala busi menjadi indikator sehat tidaknya sistem pembakaran di ruang bakar.

Coba lepas busi anda dari kepala silinder dan cocokkan warna kepala busi dengan gambar disamping ini. Kira2 mana yang cocok atau mendekati kondisi busi anda sekarang ini.
Kondisi terbaik dari sebuah sistem pembakaran di ruang bakar ditunjukkan pada gambar tengah dari 3 sampel kondisi busi disamping. Dan kendala bahan bakar yang terasa boros di indikasikan pada kepala busi yang tampak hitam pekat berjelaga atau hitam mengkilat seperti pada gambar paling bawah. Bila digoreskan di jari tangan akan meninggalkan noda jelaga hitam. Kondisi ini disebabkan karena bahan bakar yang mengucur ke ruang bakar terlalu deras mengakibatkan tidak semua bensin terbakar habis dan juga ikut mengakibatkan penumpukan kerak di kubah ruang bakar bila lama dibiarkan.
Sebaliknya jika motor terlalu irit akan membuat mesin anda cepat hancur lebur karena bensin yang diperlukan untuk pembakaran kurang/minim. Ini jauh lebih berbahaya.
Biasanya penyebab utama motor boros adalah setting karburator yang tidak tepat. sekrup setelan udara yang terlalu menutup kekanan mengakibatkan aliran udara minim dan kucuran bensin menjadi lolos banyak. Idealnya untuk motor standart dalam posisi skrup setelan udara menutup penuh ke kanan, putar 2-2½ kekiri. dan atur skrup langsam motor untuk mengimbangi pasokan udara. penggantian spuyer yang tidak tepat juga berperan andil dalam menentukan boros. Sebaiknya setiap 4 ribu km busi wajib dibersihakan pada bagian kepala busi dengan cara menyikatnya perlahan dengan sikat besi. dan untuk penggantain busi disarankan paling lama pada kisaran 8-10 ribu km, karena bila busi dibiarkan bertahun tahun tanpa penggantian juga mengakibatkan performa menurun dan ujung-ujungnya boros.
Langkah diatas dapat dicoba bila performa tunggangan anda menurun dan cenderung boros bensin. 


jauh dari performa dan akselerasi
Kondisi seperti ini jelas membuat performa mesin anda turun drastis. Penting cek ruang bakar. Jika sering pakai bahan bakar tidak berkualitas ditambah setting karburator yang tidak tepat, ruang bakar hitam pekat bila dibuka. Biasanya yang mulai dipenuhi kerak karbon. meliputi busi, payung klep, piston, ring pisto

3 komentar:

  1. Motor ane selalu macet ketika keadaan panas, businya selalu berwarna hitam kering, penyebabnya apa dan solusinya gimana gan?

    BalasHapus
  2. @andri yanto : coba cek koil / sektor pengapian bro, terus setting ulang karburator

    BalasHapus