Pages

Rabu, 29 Juni 2011

Spesifikasi MotoGP

Siapa yang tak kenal MotoGP, kejuaraan kelas puncak balap motor yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Jika anda penasaran dengan spesifikasi motor-motor super kenceng yang digeber oleh rider2 idola anda, tak ada salahnya saya berbagi informasi berikut :D

DUCATI GP9


Tipe Mesin : 4-Tak V4 Berpendingin Air
Katup : 4 Katup persilinder DOHC, Desmodromic
Kapasitas Mesin : 799cc
Tenaga Max : 230dk
Transmisi : 6 Percepatan
Sistem Kopling : Kering, Multiplat
Penggerak Akhir : Rantai
Sasis : Serat Karbon
Suspensi Depan : Ohlins, upside-down 42mm front forks
Suspensi Belakang : Ohlins, Adjustable
Rem Depan : Brembo, Cakram karbon ganda 320mm dan kapiler 4 piston
Rem Belakang : Brembo, cakram Baja tunggal 220mm dan kapiler 2 piston
Ban : Bridgestone 16.5 inci Depan-Belakang
Sistem Pengapian : Magneti Mirelli
Sistem Injeksi : Magneti Mirelli
Sistem Gas Buang : Termignoni
Bahan Bakar : Shell Racing V-Power
Pelumas : Shell Advanced Ultra 4
Berat Kosong : 148kg


YAMAHA YZR-M1




Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic
Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane
Kapasitas Mesin : 799cc
Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK
Pelumas Mesin : Yamalube
Tenaga Max : 220dk
Top Speed : Lebih dari 330km/jam
Girboks : 6 Speed cassette type
Kopling : Dry Multi-Plate Slipper clutch
Sasis : Aluminium Twintube Delta Box, Whellbase, ride ridht, Swingarm aluminium
Suspensi Depan : Ohlins Upside Down
Suspensi Belakang : Ohlins Rear Shock
Pelek : Marchesini
Ban : Bridgestone 16,5inci Depan-Belakang
Rem Depan : Cakram ganda 320mm dari karbon, 4 piston Brembo
Rem Belakang : Cakram Tunggal 220mm dari stainless steel
Berat Kosong : 148kg
Kapasitas tangki : 21 Liter


KAWASAKI ZX-RR




Konfigurasi : Inline, 4 silinder , 4 stroke
Kapasitas Mesin : 798cc
Sistem Induksi : DOHC , Pneumatic , 4 Valve persilinder
Pelumas : Elf
Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel injection
Sistem Exhaust : Titanium, 4-2-1
Maximum Power : 200 Bhp
Maximum Speed : lebih dari 300km/jam
Sasis:
Frame : Aluminium Twin-Spar
Suspensi Depan : Inverted Telescopic Forks
Suspensi Belakang : Uni-Trak MonoShock
Steering Damper : Hydrolic adjustable
Bodywork : karbon fibre
Ban : Bridgestone 16,5 inci Depan-Belakang
Dimensi :
Wheelbase : 1460mm
Panjang : 2080mm
Rake : Variable
Bobot : 148kg
Kapasitas Tangki : 21 Liter



SUZUKI GSV-R


Tipe Mesin : Berpendingin Air dengan 16 katup DOHC berkatup Pneumatic
Konfigurasi : 4 Silinder segaris crossplane
Kapasitas Mesin : 799cc
Pengapian : Magneti Mirelli, Busi NGK
Pelumas Mesin : Yamalube
Tenaga Max : 220dk
Top Speed : Lebih dari 330km/jam
Girboks : 6 Speed cassette type
Kopling : Dry Multi-Plate Slipper clutch
Sasis : Aluminium Twintube Delta Box, Whellbase, ride ridht, Swingarm aluminium
Suspensi Depan : Ohlins Upside Down
Suspensi Belakang : Ohlins Rear Shock
Pelek : Marchesini
Ban : Bridgestone 16,5inci Depan-Belakang
Rem Depan : Cakram ganda 320mm dari karbon, 4 piston Brembo
Rem Belakang : Cakram Tunggal 220mm dari stainless steel
Berat Kosong : 148kg
Kapasitas tangki : 21liter


HONDA RC212V




Tipe Mesin : 4 Stroke, Pneumatic 4 Katup Persilinder, pendingin air
Konfigurasi : V4
Kapasitas Mesin : 799cc
Tenaga Max : 220dk
Tipe Rangka : Twin-Tube Frame
Ban : Bridgestone 16,5 inci Depan-Belakang
Suspensi Depan : teleskopik
Suspensi Belakang : Monosok New Unit Pro-link
Kapasitas tanki : 21liter
Berat Kosong : 148kg
Dimensi :
Panjang Total : 2050mm
Lebar Total : 645mm
Tinggi Total : 1,125mm
Sumbu Roda : 1,440mm
Jarak Ketanah : 125mm

Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM) Vito Ippolito sepakat dengan gagasan peningkatan kapasitas mesin MotoGP menjadi 1.000 cc. Dan tidak menimbulkan konflik dengan World Superbike Championship. mesin 1.000 cc itu mulai digunakan tahun 2012. Versi modifikasi dari motor ini tampaknya boleh diadopsi asalkan produksi mesin memenuhi syarat. Namun, hal itu tidak wajib. Formula 800 cc tidak berjalan dengan baik karena tenaganya kurang lebih sama seperti 990 cc, malah kecepatan saat menikung lebih tinggi. Selain itu, biayanya juga bertambah untuk riset dan pengembangan mesin 800cc bertenaga maksimal. Dipastikan mulai musim 2012 dengan mesin baru 1000cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar